Senin, 07 November 2011

JAWABAN UTS Interaksi dan Strategi Belajar Matematika


  1. Jelaskan tujuan pendidikan yang pertama kali dikenalkan oleh Benjamin. S. Bloom serta proses kognitif yang diperkenalkannya!
  2. Jelaskan Karakteristik matematika sebagai ilmu yang terstruktur, dan sebutkan unsur-unsur dalam struktur matematika!
  3. Apakah definisi Aksioma, Postulat, Dalil, dam Teorema!
  4. Menurut anda apa saja masalah yang dihadapi dalam Pembelajaran matematika di sekolah, bagaimana cara menghadapinya?
  5. Jelaskan 4 tahap perkembangan kognitif dari individu menurut Piaget!
  6. Apa perbedaan antara belajar dan pembelajaran, berikan satu contoh kasus belajar dan satu contoh kasus pembelajaran!<div class="fullpost">
  7. Sebutkan dan jelaskan teori belajar aliran psikologi tingkah laku!

    Selasa, 01 November 2011

    METODE KHUSUS DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA



    Pendekatan Pengajaran Matematika
    1.   Pengertian Pendekatan Mengajar
    Tiap orang yang menguasai pengetahuan dapat mengajarkannya kepada orang lain. Pengajaran yang dilakukannya sesuai dengan kemampuannya. Agar mampu memilih strategi belajar mengajar sebuah topik atau subtopik matematika yang tepat antara lain harus diketahui macam-macam pendekatan (approach) dan metode mengajar. Agar dapat dibedakan yang dimaksud dengan pendekatan, metode dan teknik mengajar kita artikan sebagai berikut:
    Metode mengajar adalah cara yang dapat digunakan untuk mengerjakan tiap bahan pelajaran. Misalnya metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode penemuan. Untuk dapat melakukannya, seorang guru tidak perlu mempunyai keahlian khusus atau bakat khusus.
    Teknik mengajar merupakan cara mengajar yang memerlukan keahlian atau bakat khusus. Misalnya untuk mengajarkan rumus akar-akar persamaan kuadrat., seorang guru harus memiliki pengetahuan atau bakat matematika hingga pengajaran itu berlangsung dengan baik dan tujuan pengajarannya tercapai.
    Pendekatan belajar mengajar dapat merupakan suatu konsep atau prosedur yang digunakan dalam membahas suatu bahan pelajaran untuk mencapai tujuan belajar mengajar.