Jumat, 22 Juni 2012

224 Pelajar Daftar di SMAN 1 Tanjung Selor Ujian Tulis Serentak dengan Sekolah Lain

TANJUNG SELOR – Sebanyak 224 calon siswa sudah mendaftar di SMAN 1 Tanjung Selor. Mereka akan mengikuti tes tulis untuk menentukan apakah bisa diterima di sekolah yang memiliki predikat Sekolah Rintisan Berstandar Internasional (RSBI). Ke-224 pelajar dari berbagai sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu sebelum diterima di SMAN 1 Tanjung Selor harus melalui beberapan ujian seleksi, mulai seleksi bahasa inggris hingga seleksi tes potensi akademik.

Sekretaris panitia PPBD SMAN 1 Tanjung Selor, Sunjono mengatakan, sejatinya proses PPDB di SMAN 1 Tanjung Selor sudah berlangsung sejak awal bulan Juni lalu. Sebab, kata dia, untuk PPDB di sekolah itu memiliki dua jalur yakni, jalur prestasi akademik dan jalur tes tertulis. “Kalau untuk jalur prestasi akademik sudah selesai,” katanya kemarin. Dijelaskannya, untuk pelajar yang mendaftar melalui jalur ini tercatat sebangak 68 pelajar. Meski demikian, yang diterima untuk jalur ini bisa dihitung dengan hitungan jari tangan. “Hanya 8 siswa yang diterima lewat jalur prestasi,” ucap Sunjono kemarin.
Untuk diketahui, pada jalur prestasi pelajar harus memiliki beberapa persyaratan yang sudah ditetukan panitia PPDB, antara lain, nilai raport Ujian Nasional rata-rata akumulatif minimal 7,7. Selain itu pelajar juga harus memiliki nilai Ujian Nasional minimal 7,5 permata pelajaran yang di UN-kan yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bukan hanya itu saja, untuk jalur ini calon pendaftar juga harus memiliki sertifikat bahasa inggris. “Untuk sertifikat bahasa inggris bisa dari lembaga kursus bahasa inggris,” jelas Sunjono.
Syarat lain yang bisa juga harus dilampirkan untuk jalur prestasi itu yakni, adanya sertifikat atau piagam pengharagaan baik tingkat kabupaten ataupun tingkat provinsi dan Nasional. “Untuk Kabupaten harus juara I sedangkan untuk tingkat provinsi dan nasional biasa juara I, II dan III,” terang Sunjono pada Radar Tarakan.
Sementara itu untuk jalur tes tertulis, juga sudah dimulai seleksi sejak Senin (18/6) kemarin, dengan materi tes bahasa inggris yang meliputi, bacaan, menulis mendengar dan pecapakan. Setelah tes bahasa inggris itu sudah selesai, maka pada Jumat ( 22/6) sampai Sabtu mendatang, rencananya bakal ada wawancara dengan calon wali murid yang anaknya mendaftar di sekolah yang lokasi bersebelahan dengan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan. Setelah itu pada Selasa (26/6) mendatang seluruh calon PPDB yang mendaftar itu akan melakukan ujian tertulis.
“Untuk ujian tertulis kita lakukan bersamaan dengan ujian tertulis PPDB se Kabupaten Bulungan,” jelas Sunjono. (din)
Tarakan Radar-Online , 2012, 224 Pelajar Daftar di SMAN 1 Tanjung Selor
Ujian Tulis Serentak dengan Sekolah Lain
, online, http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Berau/25305, 22 juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar